Senin, 01 November 2010

SOAL ULANGAN HARIAN BAB 3

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
1. Ilmuwan yang menyatakan bahwa Islam datang ke Indonesia langsung datang dari Gujarat adalah …..
a. Hoesain Djajadiningrat d. J. Pijnapel
b. HAMKA e. Sumanto Al-Qurtuby
c. J.P. Moquetta
2. Alasan Hoesain Djajadiningrat bahwa pengaruh Islam di Indonesia dibawa oleh pedagang dari Persia adalah ….
a. karena banyak pedagang Persia yang menjadi penguasa pelabuhan-pelabuhan di Indonesia
b. karena di Indonesia maupun di Persia terdapat tradisi 10 Muharram (Asyura) sebagai hari suci Syiah, seperti tradisi tabut di Sumatera Barat.
c. karena orang-orang Persia yang telah terlebih dahulu memeluk Islam kemudian menyebarkannya di pesisir-pesisir Laut Jawa
d. karena huruf Arab yang dikenal di Indonesia merupakan huruf Arab yang telah dimodifikasi di daerah Persia
e. karena sejumlah kerajaan Islam pertama di Indonesia berhubungan dengan Kerajaan Safawi di Persia
3. Latar belakang yang mendasari lahirnya Teori Cina tentang persebaran Islam di Indonesia yang masuk akal adalah ….
a. sebelum Islam ada di Indonesia, orang Cina telah berhubungan dengan pedangan Indonesia
b. pengaruh Islam lebih dahulu mencapai daratan Cina ketimbang ke Indonesia
c. sejak masa Hindu-Buddha, para pedagang Cina yang berdagang ke Indonesia mayoritas muslim
d. para pedagang Cina lebih loyal terhadap penguasa pribumi Indonesia daripada pedagang asing lainnya
e. banyak ditemukannya komunitas muslim di kota-pelabuhan di Sumatera dan Jawa sejak abad ke-14
4. Tarian daerah yang kental akan unsur Islamnya, bernama debus merupakan tradisi rakyat ….
a. Aceh d. Banten
b. Deli e. Riau
c. Tuban
5. Penyebab tarian zapin lebih berkembang di daerah-daerah pesisir adalah ….
a. karena daerah tersebut merupakan pusat perdagangan
b. karena daerah pesisir merupakan basis kekuatan politik
c. karena daerah pesisir merupakan tempat bertemunya penduduk pribumi dengan para pedagang Timur-Tengah secara langsung
d. karena penduduk pesisir cenderung lebih tertutup terhadap pengaruh asing
e. karena masyarakat pedalaman cenderung lama dalam menyerap budaya asing
6. Sunan atau wali di bawah ini yang merupakan anak Sunan Gresik adalah ….
a. Sunan Drajat d. Sunan Tembayat
b. Sunan Kudus e. Sunan Muria
c. Sunan Ngampel
7. Menurut Babad Gresik, Sunan Giri pernah berdagang di rumah seorang pedagang Cina kaya raya yang bernama ….
a. Nyi Gede Pinatih d. Dewi Candrawati.
b. Nyi Pandan Wangi e. Nyi Gede Pandan Arang
c. Dewi Candrawulan
8. Anggota Dewan Wali Songo yang merupakan anak bupati Tuban adalah Sunan ….
a. Muria d. Kudus
b. Gresik e. Drajat
c. Kalijaga
9. Seorang ulama yang dihukum mati oleh Wali Sanga karena ajarannya dianggap bidah adalah ….
a. Sunan Tembayat d. Syekh Siti Jenar
b. Syekh Nuruddin Ibrahim e. Sunan Prawoto
c. Syekh Mojoagung
10. Suluk yang memuat ajaran Sunan Bonang kepada seorang mantan abdi Majapahit yang masuk Islam adalah ….
a. Suluk Gatoloco d. Suluk Wijil
b. Suluk Darmogandol e. Suluk Ratna
c. Suluk Sukarsah
11. Karya sastra yang menceritakan riwayat Sultan Malik As-Shaleh adalah ….
a. Hikayat Aceh d. Sajarah Banten
b. Hikayat Raja-Raja Pasai e. Bustan al Salatin
c. Hikayat Melayu
12. Berikut ini adalah kitab yang memuat kisah Sultan Trenggana secara khusus adalah ….
a. Hikayat Hasanuddin d. Babad Tanah Djawi
b. Babad Mataram e. Serat Dalem
c. Serat Kandha
13. Kata yang bukan termasuk serapan dari bahasa Arab adalah ….
a. wujud d. berkah
b. sultan e. hidayah
c. haji
14. Abangan merupakan golongan penganut Islam yang memiliki karakteristik ….
a. menjalankan Islam dengan taat
b. berasal dari kaum bangsawan
c. kalangan yang tidak terlalu taat dalam menjalankan Islam
d. kalangan yang fleksibel dalam memandang ajaran Islam
e. pihak yang takut dengan Islam lalu melarikan diri ke daerah lain
15. Aktifitas yang sering dilakukan oleh umat Islam yang terpengaruh tradisi Syiah adalah ….
a. peringatan Maulud Nabi
b. peringatan sekatenan
c. perayaan hari Idul Adha
d. ziarah ke makam keluarga yang telah meninggal
e. peringatan tabut di Sumatera Barat
16. Salah satu persebaran Islam melalui bidang kebudayaan adalah ….
a. melalui pendidikan pesantren
b. melalui pernikahan
c. melalui perdagangan
d. melalui pagelaran wayang
e. dengan mendirikan masjid-masjid
17. Penulis kronik yang banyak memuat cerita tentang keberadaan Demak sebagai pusat agama dan politik di Jawa adalah ....
a. Mendez Pinto d. De Couto
b. I-Tsing e. Marcopolo
c. Tome Pires
18. Masjid yang didirikan oleh Sunan Kalijaga berada di daerah....
a. Kadilangu d. Giri
b. Demak e. Gresik
c. Kudus
19. Salah satu pelabuhan-bandar yang memegang peranan penting dalam persebaran Islam di Jawa bagian barat adalah …
a. Tuban d. Sunda Kelapa
b. Jepara e. Hujung Galuh
c. Surabaya
20. Penduduk Flores di Nusa Tenggara diislamkan oleh orang-orang ….
a. Bugis d. Pasai
b. Makassar e. Banjar
c. Jawa

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Sebutkan salah satu karya sastra Melayu-Islam yang kamu ketahui! Uraikan secara singkat isi karya tersebut!
2. Apa yang kamu ketahui tentang tari zapin? Jelaskan!
3. Coba uraikan Teori Mekah dalam hal penyebaran Islam di Indonesia dengan menggunakan bahasamu sendiri!
4. Sebutkan tiga buah karya sastra karya Raja Ali Haji!
5. Apa hubungan antara Raden Patah, Sunan Ampel, dan proses islamisasi di Jawa?
6. Sebutkan lima kata Indonesia yang diserap dari bahasa Arab! Buatlah kalimatnya masingmasing!
7. Siapakah Syekh Siti Jenar? Tulis apa yang kamu ketahui tentang dirinya!
8. Mengapa ajaran-ajaran Islam dapat relatif diterima oleh masyarakat Indonesia? Sebutkan satu alasan saja!
9. Mengapa pendekatan yang dilakukan Sunan Kalijaga lebih cenderung kepada budaya?
10. Jelaskan hubungan antara Salahuddin dengan tradisi Maulud Nabi!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda